Tentang Saya

Saya: Muhammad Rijal Wahid Muharram. Atau, kalau kepanjangan, panggil aja saya: Rijal. Lahir di Bandung, tepat ketika pergantian tahun hijriah, 1 Muharram. Bertepatan juga saat pergantian bulan, 1 Juli. Saya orang yang sangat inquisitive. Saat kecil, banyak eksperimen saya lakukan: mengumpulkan tanah liat satu keresek besar sepulang sekolah, ngumpulin remah-remah besi dari tanah pakai magnet hiasan kulkas, sampai ngebakar daun pakai kaca pembesar. Sejak kecil juga seneng banget baca buku, mulai dari pinjem ke perpustakaan SD, sewa komik harga gope-an, kumpulin uang buat beli buku hidayah saat SMP, sampai langganan koran waktu harga seribuan dulu.

***

Saat SD saya bercita-cita menjadi pilot. Namun, kelas empat mulai berubah menjadi seorang komikus. Kerjaannya, ngegambar komik di buku tulis dan setiap hari senin diliatin ke temen-temen kelas. Mirip-mirip webtoon kalo zaman sekarang.

SMP mulai berubah, menjadi penyuka bahasa, terutama Bahasa Jepang. Belajar tulisan hiragana, katakana, sampai Kanji. Tapi, pada akhirnya di kelas 3 SMP, beralih menjadi penyuka musik. Belajar gitar dan piano sendiri, bermodal majalah MBS yang dulu laris banget untuk liat chord lagu-lagu yang lagi nge-hits. Akhirnya, jadi seorang bassist dan pertama kalinya nge-band ketika itu. Rasanya, keren banget, dulu.

SMA mulai berubah, menjadi penyuka dunia komputer. Puncaknya, ketika itu berangkat jadi perwakilan Kabupaten Tasikmalaya untuk olimpiade Komputer tingkat Jawa Barat. Ah, pengalaman yang menarik. Sampai akhirnya, masuk kuliah, S-1 dan S-2 dan mulai terbius yang namanya aktivisme.

***

Saat ini, saya memutuskan diri untuk berkhidmat di dunia pendidikan. Memperbaiki dunia pendidikan sebisanya, dimulai dari yang paling deket dulu. Mendalami juga tentang matematika, apalagi matematika ke-SD-an. Sesekali, seneng berbagi tentang ilmu-ilmu tasawuf, sejarah islam, atau filsafat. Sesekali diundang jadi motivator atau pembicara-pembicara gitu. Seneng tentang hal-hal berbau detektif, UFO, dinosaurus, dan hal-hal unik.

***

Situs ini, saya dedikasikan tentang pemikiran saya terhadap sesuatu, hal-hal yang bermanfaat untuk kamu baca, dan tentunya sarana saya untuk bertemu dengan kamu, tanpa batasan ruang dan waktu.